Senin, 27 Oktober 2014

Desain Rumah Joglo Minimalis Yang Modern

Rumah joglo yang merupakan rumah khas tradisional jawa memiliki penggemarnya sendiri hingga saat ini. Bahkan di era modern yang serba minimalis ini, banyak orang atau pengembang yang menawarkan rumah joglo dengan sentuhan minimalis. Desain rumah joglo minimalis menjadi alternatif jawaban bagi yang menginginkan nuansa kehidupan praktis yang digambarkan dengan bangunan yang bergaya minimalis, namun tetap memegang teguh mempertahankan warisan leluhur yang adi luhung. Kehadiran rumah joglo minimalis serasa setitik air di padang gersang modernitas yang tetap rindu akan asal muasalnya serta untuk menjalin hubungan batiniah dengan masa lalu.
Desain rumah joglo minimalis
source: images.google.co.id
Desain rumah joglo minimalis dapat berpadu dengan cantik, mengingat keduanya memiliki beberapa kesamaan yang dapat mempertemukannya. Benang merah yang menyatukan keduanya salah satunya adalah pada penggunaan bahan materialnya. Rumah tradisonal jawa memiliki kecenderungan bahan alami yang berkualitas tinggi, selain itu pewarnaan rumah joglo juga cenderung natural. Bukankah hal serupa juga melekat pada rumah bergaya minimalis. Nah dari benang merah yang sama ini tinggal dipertemukan pada titik-titik tertentu untuk kemudian menghadirkan rumah modern-tradisional.
gambar rumah joglo klasik
source: images.google.co.id
Prinsip pokok dalam pembuatan rumah joglo yang melekat adalah aspek spiritual pada penataan ruangnya. Selain itu, filosofi rumah jawa sangat sarat dengan makna dan proses laku spiritualnya. Dasar orang jawa dalam membuat rumah adalah empat pilar tiang utama. Dimana dari pilar utama itu berkembang menjadi pengembangan ruang selanjutnya yang bersifat tambahan. Desain rumah joglo minimalis tetap mengacu ada hal ini, sehingga sisi artistik kena, sekaligus pokok filosofis dari sebuah rumah dalam konsep jawa tetap melekat. Selain pilar, bahan alami yang melekat, bentuk atap rumah joglo memiliki ciri khusus yaitu semi-piramida. Hal ini juga bisa dipertahankan dalam rumah minimalis, untuk mendapatkan kesan tradisional bisa menggunakan model atap joglo dengan modifikasi tertentu.
rumah joglo minimalis modern
source: images.google.co.id
Desain rumah joglo minimalis juga bisa menggunakan konsep tersamar. Maksudnya, hanya pada bagian tertentu yang menggunakan konsep jawa, misal atap rumah bagian depan atau teras yang berbentuk semi-piramida, sedangkan bagian belakang tetap menggunakan atap model pelana. Pengambilan beberapa unsur rumah jawa tersebut akan memberikan kesan eksentrik dan menarik. Untuk menguatkan kesan tradisional jawa, untuk furniture atau bagian rumah lainnya dipertahankan dengan kayu yang berkualitas tinggi. Sedangkan aspek pewarnaan bisa dibuat sama dengan konsep warna natural. Itulah gambaran perpaduan rumah joglo dengan gaya minimalis yang artistik, filosofis serta fungsional sesuai jamannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar